KEHIDUPAN JANDA DI DESA KAMPAR DITINJAU DARI HUKUM ISLAM

Afriadi, (2011) KEHIDUPAN JANDA DI DESA KAMPAR DITINJAU DARI HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2003_201160.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul "KEHIDUPAN JANDA DI DESA KAMPAR DITINJAU DART HUKUM ISLAM" ditulis dengan latar belakang keadaan istri setelah menjanda dalam rumah tangga sangat sulit sekali untuk memenuhi kebutuhan hidup, baik kebutuhan dirinya, anak-anaknya sekaligus kebutuhan rumah tangga serta biaya pendidikan anak, yang seharusnya dibiayai dan dipenuhi oleh suami, selaku seorang pemimpin dalam rumah tangga dan orang yang paling bertanggung jawabdalam hal tersebut. Berbeda halnya setelah suaminya tidak ada atau meninggal, secara otomatis tanggung jawab dipikul dan dipenuhi oleh istri yang menjanda. Hal ini sangat berat sekali untuk drilaksanakan dan dipenuhi. Begitu juga keberadaan janda ditengah-tengah masyarakat, status mereka seringkali mejadi perbincangan dan bahan olokan dan selalu dipandang dengan sebelah mata yaitu dengan pandangan yagn negatif. Sehingga menyebabkan para janda tersebut sulit untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan lingkungan sekitarnya (masyarakat). Berdasarkan hal diatas maka penulis tertarik untuk menelitinya dalam suatu penulisan ilmiah, untuk merampungkan tulisan ini penulis mengumpulkan data dengan penelitian lapangan (fiel researd), dengan permasalahan sebagai berikut; bagaimana, kehidupan janda dalam rumah tangga di desa Kampar, bagaimana kehidupan janda dalam masyarkat, dan bagaimana, tinjauan hukum Islam terhadap masalah tersebut. Sebagai data primer dalam penulisan ini adalah data yang diperoleh dari wawancara dan angket dilapangan yang dilakukan terhadap para janda yang terlibat langsung dalam masalah yang diteliti. Sedangkan data skunder penulis peroleh dari buku-buku yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keadaan janda dalam rumah tangga dan kehidupannya didalam masyarakat. Setelah penulis teliti keadaan janda didalam rumah tangga dan dalam. masyarakat. Keadaan janda dalam rumah tangga khususnya dibidang ekonomi sangat sulit sekali, ini dikarenakan tanpa didampingi oleh seorang suami yang merupakan orang yang paling bertanggung jawab dalam mewujudkan keperluan dan kebutuhan rumah tangga. Adapun kehidupan janda dalam masyarakat mereka acap kali menjadi perbincangan dan berpandangan yang negatif. Hingga mereka (janda) merasa kaku dan sulit untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam masyarkat. Jadi pandangan masyarakat yang demikian (pandangan negatif) tidaklah sesuai dengan konsep syari'at Islam. Jika ditinjau dari hukum Islam, Islam merupakan agama yang univesal menempatkan pars janda dalam kedudukan yang sejajar dengan anggota masyarakat lainnya. Islam memperhatikan mereka dengan beberapa hukum yang menjamin kesejahteraan, mereka harus mendapatkan pelayanan sebagaimana yang lainnya dengan memperhatikan hak-hak janda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 12 Jan 2016 04:54
Last Modified: 12 Jan 2016 04:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item