Anaknda Putri, - and Yuliharti, - and Yanti, - (2020) Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan. Kutubkhanah, 20 (1). pp. 19-31. ISSN Online ISSN 2407-1633 | Print ISSN 1693-8186)
|
Text
Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Abdullah Nashih Ulwan.pdf Download (773kB) | Preview |
Abstract
Abdullah Nashih Ulwan adalah tokoh pendidikan yang kharismatik dan disegani di zamannya. Pemikirannya selalu mengacu pada Al-Quran dan Hadis sehingga menjadikannya tergolong sebagai literalis. Abdullah Nashih Ulwan berperan besar dalam perkembangan Islam dan pendidikan terutama melalui beberapa hasil karya�karyanya yang popular adalah Tarbiyatul Aulad fi al Islam. Pada tulisan ini penulis bertujuan ingin mengangkat seorang tokoh dan ulama Timur Tengah yang sangat kharismatik yakni Abdullah Nashih Ulwan, yang mana beliau adalah seorang praktisi dan pemikir dalam dunia pendidikan, terutama pendidikan Islam. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengertian pendidikan Islam dan kurikulum serta metode pendidikan dalam Islam menurut Abdullah Nashih Ulwan. Untuk memperoleh hasil penelitian, penulis menggunakan metode library research dengan pendekatan deskriptif terhadap data yang bersifat kualitatif. Hasil dari penelitian yang diperoleh bahwa yang dimaksud dengan pendidikan Islam adalah suatu proses pembentukan melalui pengajaran, bimbingan, latihan yang dilandasi oleh nilai-nilai ajaran Islam, sehingga terbentuk pribadi muslim yang sejati dengan penuh tanggung jawab semata�mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Adapun metode pendidikannya meliputi pendidikan dengan keteladanan, pendidikan dengan adat kebiasaan, pendidikan dengan nasihat, pendidikan dengan perhatian/pengawasan, dan pendidikan dengan hukuman. Kata Kunci: Pemikiran, Pendidikan Islam, Nasih Ulwan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Eko Syahputra |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:30 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70223 |
Actions (login required)
View Item |