Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MASA IBNU TAIMIYAH

Kartika Apriola, - and Yuliharti, - and Yanti, - (2020) KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MASA IBNU TAIMIYAH. Kutubkhanah, 20 (1). pp. 32-52. ISSN Online ISSN 2407-1633 | Print ISSN 1693-8186)

[img]
Preview
Text
KONSEP P E M I K I R A N PENDIDIKAN ISLAM MASA IBNU TAIMIYAH.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam merupakan salah satu bidang studi yang mendapat banyak perhatian dari para ilmuwan. Pemikiran Ibnu Taimiyah merupakan salah satu wujud pendidikan yang merespon berbagai masalah masyarakat Islam pada saat itu yang menuntut pemecahan secara strategis melalui jalur pendidikan. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu falsafah pendidikan, tujuan pendidikan, kurikulum, metode, bahasa pengantar dalam pengajaran, etika guru dan murid serta perbandingannya dengan pendidikan kontemporer pada masa sekarang. Untuk memperoleh hasil penelitian, penulis menggunakan metode library research dengan pendekatan deskriptif yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kajian ini membahas teori dan pemikiran pendidikan intelektual muslim klasik Ibnu Taimiyah. Adapun metode pemikiran pendidikan Islam menurut Ibnu Taimiyah yaitu berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah melalui pemahaman yang mendalam, jernih dan enerjik. Dalam penelitian ini penulis juga menganalisis pemikiran pendidikan sekarang terhadap pemikiran pendidikan Ibnu Taimiyah agar dapat diambil pembaharuannya sebagai inovasi yang patut diaplikasikan bagi dunia pendidikan Islam di Indonesia untuk saat ini. Kata Kunci: Pemikiran, Ibnu Taimiyah, Pendidikan Kontemporer

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 17 Apr 2023 23:04
Last Modified: 17 Apr 2023 23:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70205

Actions (login required)

View Item View Item