Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Menentukan Jumlah Pasokan Komoditas Pangan di Provinsi Riau Berdasarkan Fuzzy Inference System dengan Metode Fuzzy Tsukamoto

Rahmawati, - and Wartono, - and Ari Pani Desvina, - and ADE NOVIA RAHMA, - Menentukan Jumlah Pasokan Komoditas Pangan di Provinsi Riau Berdasarkan Fuzzy Inference System dengan Metode Fuzzy Tsukamoto.

[img]
Preview
Text
Menentukan Jumlah Pasokan Komoditas Pangan.pdf

Download (539kB) | Preview

Abstract

Pangan merupakan kebutuhan primer penduduk di Indonesia. Meningkatnya kebutuhan pangan seiring dengan meningkatnya jumlah pertumbuhan penduduk. Ketersediaan pangan merupakan aspek yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Indonesia dalam upaya mensejahterakanmasyarakat. Kondisi ketersediaan pangan di suatu negara atau daerah pada kenyataannya tidak selalu dapat terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, pemerintah perlu menstabilisasi tingkat ketersediaan pangan, salah satunya dengan upaya mengimpor atau memasok pangan dari luar negeri. Perencanaan pasokan pangan perlu dilakukan dengan matang agar tidak mematikan produksi pangan dalam negeri dan diharapkan dapat menstabilisasi ketahanan pangan. Penelitian ini akan membahas perencanaan jumlah pasokan komoditas pangan di Provinsi Riau yang dilakukan dengan memperhitungkan jumlah kebutuhan dan jumlah produksi pangan berdasarkan fuzzy inference system dengan menggunakan metode fuzzy Tsukamoto. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu diperoleh hasil keputusan prediksi pasokan komoditas pangan dengan nilai keakuratan mencapai 94,76595%. Kata Kunci: komoditas pangan, logika fuzzy, metode fuzzy Tsukamoto, means square error (MSE), mean absolute percentage error (MAPE)

Item Type: Article
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: Gusneli -
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:49
Last Modified: 17 Apr 2023 04:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70119

Actions (login required)

View Item View Item