Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Arch/Garch Dalam Meramalkan Transaksi Nilai Tukar (Kurs) Jual Mata Uang Indonesia (IDR) Terhadap Mata Uang Eropa (GBP)

Ari Pani Desvina, - and Khairunnisa, - Penerapan Metode Arch/Garch Dalam Meramalkan Transaksi Nilai Tukar (Kurs) Jual Mata Uang Indonesia (IDR) Terhadap Mata Uang Eropa (GBP).

[img]
Preview
Text
Penerapan Metode ARCH dalam Meramalkan transaksi nilai tukar (KURS).pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor penyebab melambatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah nilai tukar mata uang. Penelitian ini membahas tentang nilai tukar jual mata uang rupiah terhadap poundsterling, dengan 60 data dari bulan Januari sampai bulan Maret 2017. Untuk memantau pergerakan tersebut diperlukan model matematika yang digunkana untuk meramalkan nilai tukar jual mata uang rupiah terhadap pounsterling.Salah satu model yang sering digunakan untuk memprediksi mata uang tersebut adalah ARCH/GARCH. Diperoleh hasil bahwa model ARCH(1) merupakan model yang tepat untuk dijadikan peramalan data nilai tukar jual. Hasil peramalan menunjukan terjadinya peningkatan atau penurunan data nilai tukar jual.Ketepatan hasil peramalan mendekati data aktual, hal ini dilihat dari nilai MAPE yang menunjukan persentase yang rendah. Katakunci: ARCH/GARCH, ARIMA, MAPE, Nilai tukar

Item Type: Article
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: Gusneli -
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:45
Last Modified: 17 Apr 2023 01:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70099

Actions (login required)

View Item View Item