Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS NEWMAN’S ERROR PENYELESAIAN SOAL-SOAL PADA MATERI ALJABAR BERBASIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN HABITS OF MIND

MARIANTI, - (2023) ANALISIS NEWMAN’S ERROR PENYELESAIAN SOAL-SOAL PADA MATERI ALJABAR BERBASIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN HABITS OF MIND. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MARIANTI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Marianti, (2023): Analisis Newman’s Error Penyelesaian Soal-Soal pada Materi Bentuk Aljabar berbasis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis Newman’s error peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman konsep materi bentuk aljabar berdasarkan gaya kognitif dan habits of mind. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 27 orang peserta didik kelas VIII A SMP NEGERI 3 Kampar Kiri Tengah. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, teknik angket, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar, soal tes GEFT, angket habits of mind, dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi 3 tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dengan gaya kognitif FD yaitu kesalahan pada tahap keterampilan proses. Sedangkan pada gaya kognitif FI melakukan kesalahan pada tahap transformasi dan keterampilan proses. (2) Persentase kesalahan tertinggi berdasarkan HoM yaitu HoM kategori rendah. Kesalahan peserta didik HoM kategori tinggi dan sedang secara umum yaitu pada tahap keterampilan proses. Sedangkan peserta didik HoM kategori rendah secara umum melakukan kesalahan pada tahapan keterampilan proses. (3) Peserta didik dengan gaya kognitif FI HoM tinggi, dan FI HoM sedang secara umum melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan penulisan notasi. Kesalahan yang dilakuan FI HoM rendah dan FD HoM tinggi secara umum melakukan kesalahan tahap membaca, transformasi dan keterampilan proses. Sedangkan, peserta didik dengan gaya kognitif FD dan HoM sedang secara umum melakukan kesalahan pada tahap penulisan notasi. Kata kunci: Analisis Newman’s Error, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Gaya Kognitif, Habits of Mind.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:38
Last Modified: 17 Apr 2023 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70084

Actions (login required)

View Item View Item