Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENETAPAN HARGA MINYAK GORENG KETIKA MENGALAMI KELANGKAAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kampung Jati Baru Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak)

HALIMATUSSA’DIAH, - (2023) PENETAPAN HARGA MINYAK GORENG KETIKA MENGALAMI KELANGKAAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Kampung Jati Baru Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HALIMATUSSA’DIAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Halimatussa’diah (2023) : “Penetapan Harga Minyak Goreng Ketika Mengalami Kelangkaan ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus Di Kampung Jati Baru Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak.” Penelitian ini mengkaji tentang penetapan harga minyak goreng ketika mengalami kelangkaan ditinjau dari hukum dimana adanya keraguan konsumen terhadap harga minyak goreng yang sangat mahal, dan adanya perbedaan harga jual minyak goreng yang mencolok antara penjual minyak goreng satu dengan penjual minyak goreng lainnya, padahal pemerintah telah mengintervensi harga minyak goreng dengan satu harga. sementara minyak goreng merupakan kebutuhan pokok bagi setiap masyarakat. Bagaimana sistem penetapan harga yang dilakukan oleh penjual minyak goreng sehingga terjadi harga jual kepada konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek penetapan harga minyak goreng ketika mengalami kelangkaan di Kampung Jati Baru Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak dan bagaimana penetapan harga minyak goreng ketika mengalami kelangkaan ditinjau dari hukum Islam di Kampung Jati Baru Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui penetapan harga minyak goreng ketika mengalami kelangkaan dan pandangan hukum islam tentang penetapan harga minyak goreng ketika mengalami kelangkaan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini dilakukan di Kampung Jati Baru Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak. Subjek penelitian ini adalah penjual dan pembeli minyak goreng, dan objek penelitian ini adalah tinjauan fiqh muamalah terhadap penetapan harga minyak goreng ketika mengalami kelangkaan Kampung Jati Baru Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 orang terdiri dari 5 orang penjual dan 30 orang pembeli. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer, data sekunder. Teknik analisa data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penenlitian yang terjadi dilapangan terhadap penetapan harga minyak goreng ketika mengalami kelangkaan ditinjau dari hukum Islam periode November 2021-Juni 2022 adalah diperbolehkan, Penetapan harga yang dilakukan pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan sudah sesuai dengan hukum Islam. Tinjauan hukum Islam atas penentuan harga barang oleh pemerintah dalam Undang-Undang Perdagangan mengacu pada pertimbangan kaidah mashlahah. Pemerintah dalam perspektif Hukum Islam memiliki kewenangan di dalam menciptakan kemaslahatan dan menolak kerusakan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Kata Kunci: Fiqh Muamalah, Penetapan Harga, Minyak Goreng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:42
Last Modified: 17 Apr 2023 07:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70083

Actions (login required)

View Item View Item