Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK TERINTEGRASI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA PEKANBARU

RIZKA DESI YANA, - (2023) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK TERINTEGRASI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS RIZKA DESI YANA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rizka Desi Yana (2022): Pengembangan Modul Tematik Terintegrasi Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Dalam penelitian ini digunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluasi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Modul Tematik Terintegrasi Islam untuk Tema 2, yang dilakukan di dua Madrasah Ibtidaiyah yaitu, MIS Istiqomah dan Al- Barokah Pekanbaru. Subjek penelitian ini para Ahli Materi, Media juga Ahli nilainilai Islam, yang berasal dari beberapa Dosen juga beberapa Guru, serta siswa MIS Istiqomah dan Al-Barokah Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah masing-masing 5 siswa dari dua sekolah untuk uji coba kelompok kecil, dan juga uji coba kelompok besar sebanyak 14 dari siswa Istiqomah dan 12 siswa Al-barokah. Objek penelitian ini Modul Tematik terintegrasi Islam. Jenis data yang dipakai adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrument pengumpulan data angket uji validasi, angket uji kepraktisan, serta soal tes. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil uji validitas modul tematik terintegrasi Islam dikategorikan “Sangat Valid” dengan persentase 92,33%, termasuk kategori “Sangat Praktis” dengan persentase 95,24%, dan termasuk kategori “Sedang” dengan skor 0,63 diperoleh siswa Istiqomah dan 0,62 skor diperoleh siswa Al-Barokah. Keunggulan modul ini terintegrasi Islam, tampilan modul bernuansa Islam, serta membantu siswa untuk lebih menambah pengetahuan terkait dengan nilai-nilai Islam. Sedangkan kelemahannya membutuhkan waktu yang tergolong lama serta biaya yang tidak kecil. Kata Kunci: Modul Tematik, Terintegrasi Islam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:40
Last Modified: 17 Apr 2023 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70082

Actions (login required)

View Item View Item