Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM KERJASAMA PENGOLAHAN LAHAN PERTANIAN MENURUT TINJAUAN FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Pemilik Tanah Dan Penggarap Di Jorong Taratak Nagari Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota)

DINA ARISTI, - (2023) SISTEM KERJASAMA PENGOLAHAN LAHAN PERTANIAN MENURUT TINJAUAN FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Pemilik Tanah Dan Penggarap Di Jorong Taratak Nagari Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DINA ARISTI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dina Aristi, (2023):”Sistem Kerjasama Pengolahan Lahan Pertanian Menurut Tinjauan Fiqih Muamalah (Studi Kasus Pemilik Tanah Dan Penggarap Di Jorong Taratak Nagari Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota). Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh kerjasama antara pemilik lahan dengan petani dengan akad mukhabarah, kerjasama tersebut dapat membantu kedua belah pihak baik dari pemilik lahan maupun petani. Dalam kerjasama tersebut khususnya petani dapat membantu perekonomian dengan cara bekerja sebagai penggarap, meskipun dalam penggarapannya terdapat kecurangan dalam pembagian hasil pertanian dan tidak ada batas waktu pengolahannya sampai kapan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana sistem kerjasama pengolahan lahan pertanian di Jorong Taratak Nagari Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota dan Bagaimana Tinjauan Fiqih Muamalah terhadap sistem kerjasama pengolahan lahan pertanian antara pemilik tanah dan penggarap di Jorong Taratak. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sistem kerjasama pengolahan lahan pertanian dan untuk mengetahui tinjauan Fiqih Muamalah terhadap sistem kerjasama antara pemilik tanah dengan penggarap di Jorong Taratak Nagari Kubang Kecamatan Guguak apakah pelaksanaan sudah sesuai dengan prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah fiqh Muamalah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Jorong Taratak Nagari Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Populasi dan sampel penulis memakai sumber informan dimana penulis langsung meneliti menuju seseorang yang benar-benar mengetahui suatu permasalahan jelas, akurat dan terpercaya, baik berupa pernyataan, Keterangan, atau data-data yang dapat membantu dalam memahi persoalan dengan mengunakan teknik “purposive sampling”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan sumber data primer berasal dari wawancara, observasi, dokumentasi, dan dilengkapi dengan data sekunder berasal dari beberapa kitab dan buku-buku hukum yang berkaitan dengan yang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis Deskriptif Kualitatif. Adapun metode penulisan menggunakan metode deduktif. Dalam sistem kerjasama ini bagi hasilnya seperempat untuk pemilik tanah dan tiga perempat untuk pengarap. Tetapi dalam praktiknya/pelaksaannya tidak sepenuhnya sesuai dengan yang ada karena terdapat beberapa syarat yang belum terpenuhi dan pelanggaran dalam bagi hasil antara pemilik tanah dengan penggarap. Jika ditinjau dari Fiqh Muamalah, sistem kerjasama pengolahan lahan semacam ini tidak diperbolehkan karena ada salah satu pihak yang dirugikan. Kata Kunci: Fiqih Muamalah, Mukhabarah, kerjasama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:42
Last Modified: 17 Apr 2023 07:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70081

Actions (login required)

View Item View Item