Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN DI SMA HANDAYANI PEKANBARU

VIVI NOVIANA, - (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN DI SMA HANDAYANI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

VIVI NOVIANA (2023) : PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN DI SMA HANDAYANI PEKANBARU Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada materi dinamika kependudukan di SMA Handayani Pekanbaru tahun pelajaran 2022/2023. Dengan demikian hipotesis penelitian ini adalah sebagai berikut:Terdapat pengaruh penerapan metode cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada materi dinamika kependudukan di SMA Handayani Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS I sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik dan kelas XI IPS II sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mendapat data-data berupa keadaan di kelas saat berlangsungnya kegiatan belajar sebelum dilakukan penelitian. Tes dilakukan untuk menilai dan mengukur hasil belajar peserta didik. Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data berupa nama dan hasil belajar peserta didik. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mengetahui adanya pengaruh dari metode cooperative script yang digunakan. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah/madrasah, Guru dan Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memberikan pengaruh yang sangat berbeda dalam meningkatkan hasil belajar pada dinamika kependudukan. Hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan metode cooperative script. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 63,70 menjadi 79,15 pada nilai post test. Jika dihitung persentasi yang diperoleh, maka dapat dilihat besar kenaikan dengan menggunakan rumus = selisih angka/nilai sebelumnya x 100% sehingga diperoleh besar kenaikan adalah 24,25%. Kata Kunci: Metode Cooperative Script, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Apr 2023 05:13
Last Modified: 13 Apr 2023 05:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69954

Actions (login required)

View Item View Item