Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Praktikum Menggunakan Alat Ukur Sederhana terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Dasar-Dasar Pemetaan di Kelas X SMA Negeri 2 Tambang

NURUL HIDAYAH, - (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Praktikum Menggunakan Alat Ukur Sederhana terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Dasar-Dasar Pemetaan di Kelas X SMA Negeri 2 Tambang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode praktikum menggunakan alat ukur sederhana terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada materi dasar-dasar pemetaan di kelas X SMA Negeri 2 Tambang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ada seluruh siswa kelas X yang berjumlah 10 kelas dan Sampel penelitian adalah siswa kelas X.1 untuk kelas eksperimen dengan perlakuan metode praktikum dan siswa kelas X.2 untuk kelas kontrol metode konvensional (ceramah). Pengumpulan data dilakukan dengan pretes dan postes motivasi belajar siswa, dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan statistik non-parametrik dengan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode praktikum menggunakan alat ukur sederhana pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar pada materi dasardasar pemetaan. Rata-rata peningkatan motivasi belajar siswa (pretes dan postes) pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan perbandingan sebesar 10,21 % dan 5,37 %. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Metode Praktikum, Alat Ukur Sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:10
Last Modified: 13 Apr 2023 06:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69941

Actions (login required)

View Item View Item