Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Lingkungan Sosial Kampus dan Hasil Belajar Akidah Akhlak terhadap Ketaatan Kode Etik Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau

M. Rafi, - (2023) Pengaruh Lingkungan Sosial Kampus dan Hasil Belajar Akidah Akhlak terhadap Ketaatan Kode Etik Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IIV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. Rafi (2023) : Pengaruh Lingkungan Sosial Kampus dan Hasil Belajar Akidah Akhlak terhadap Ketaatan Kode Etik Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau Kode Etik merupakan panduan untuk menciptakan ketertiban di lingkungan kampus yang memang dalam pelaksanaannya masih ada sebagian mahasiswa yang belum mentaati, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Sosial Kampus dan Hasil Belajar Akidah Akhlak terhadap Ketaatan Kode Etik Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa di prodi Pendidikan Agama Islam UIN Suska Riau semester 3 sebanyak 160 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Peneltian ini penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan sosial kampus memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketaatan Kode Etik Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Hal ini ditunjukkan dengan hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0,563 > 0,195) dengan nilai sig. 0,000 < 0,005, dengan besar kontribusi 26,0%. Hasil belajar akidah akhlak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketaatan Kode Etik Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Hal ini ditunjukkan dengan hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0.510 > 0,195) dengan nilai sig. 0,000 < 0,005, dengan besar kontribusi 44,9%. Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sosial kampus dan hasil belajar akidah akhlak secara simultan terhadap ketaatan Kode Etik Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel (90,323 > 3,05), dengan besar kontribusi 46,4%. Sisanya di pengaruhi variabel lain. Kata Kunci: Lingkungan Sosial, Akidah Akhlak, Kode Etik Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:23
Last Modified: 13 Apr 2023 04:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69917

Actions (login required)

View Item View Item