Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI PAKAIAN BEKAS DI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM (STUDI PADA AKUN SHOPHOUSE.THRIFT DI INSTAGRAM)

UTIN MUSTAUTINAH, - (2023) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI PAKAIAN BEKAS DI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM (STUDI PADA AKUN SHOPHOUSE.THRIFT DI INSTAGRAM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI UTIN MUSTAUTINAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Utin Mustautinah (2022) : Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Praktek Jual Beli Pakian Bekas di Media Sosial Instagram (Studi pada Akun Shophouse.thrift di Instagram) Penulisan skripsi ini dilatar belakangi adanya praktek jual beli pakaian bekas di media sosial instagram, shophouse.thrift menggunakan sistem akad jual beli salam. Di mana dengan sistem ini penjual hanya memposting barang yang dijualnya, dengan beberapa keterangan, namun barang yang diterima pembeli tidak sesuai dengan keterangan tersebut, sehingga pembeli merasa kecewa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktek jual beli pakaian bekas di media sosial instagram pada akun shophouse.thrift, dan Bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap praktek jual beli pakaian bekas di media sosial Instagram pada akun Shophouse.thrift. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi pada Toko Shophouse.thrift, Jorong Seberang Piruko Barat, Kenagarian Koto Baru. Populasi pada penelitian ini berjumlah 49 orang terhitung dari bulan agustus s/d September 2021, yaitu 48 pembeli pakaian bekas online dan 1 penjual atau pemilik akun online di instagram dengan metode pengambilan sampel yaitu Total sampling. Dalam pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi yang kemudian data tersebut dianalisis dengan teknik analisa deskriptif kualitatif. Selanjutnya dituangkan dalam bentuk tulisan dengan menggunakan metode deduktif, induktif dan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) Praktik jual beli pakaian bekas dalam akun Instagram shophouse.thrift di mana transaksi dilakukan melalui jejaring sosial seperti instagram dan whatsapp. Dengan cara pembeli memesan terlebih dahulu produk yang diinginkan, setelah itu pembeli dapat mengirimkan biaya pembayaran melalui transfer uang di bank kepada penjual. Setelah melakukan pembayaran, penjual akan mengirimkan barang ke alamat yang telah disepakati dengan menggunakan jasa pengiriman barang atau secara langsung. (2) Berdasarkan pemaparan mengenai praktek jual beli pakaian bekas dalam akun Instagram shophouse.thrift, maka Praktik jual beli pakaian bekas dalam akun Instagram shophouse.thrift menggunakan akad salam atau jual beli pesanan. Yang menurut hukum Islam jual beli salam harus memenuhi rukun dan syarat yaitu ṣighat akad, dua orang yang berakad, serta objek akad. Dalam praktiknya bahwa jual beli pakaian bekas pada akun shophouse.thrift sudah memenui syarat dan rukun jual beli pesanan atau akad salam. Kata Kunci: Fiqh Muamalah, Jual Beli, Akad Salam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:50
Last Modified: 13 Apr 2023 03:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69881

Actions (login required)

View Item View Item