Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBANDINGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN SIMULASI MATA PELAJARAN PAI DI SMK KECAMATAN SIAK KECIL KABUPATEN BENGKALIS

IKA SETIAWATI, - (2023) PERBANDINGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN SIMULASI MATA PELAJARAN PAI DI SMK KECAMATAN SIAK KECIL KABUPATEN BENGKALIS. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Ika Setiawati (2023) : Perbandingan Minat Belajar Siswa Pada Penerapan Metode Demonstrasi dan Simulasi Mata Pelajaran PAI di SMK kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis Minat belajar adalah kecenderungan seseorang yang melibatkan perasaan senang untuk melakukan kegiatan belajar sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku yang berbeda antara sesudah belajar dan sebelum belajar. Fokus penelitian ini adalah melihat perbedaan minat belajar siswa pada penerapan metode demonstrasi dan simulasi pada mata pelajaran PAI. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Komparatif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Two-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang terdiri dari kelas XI TBSM dan XI TKJ 1 dengan jumlah 51 orang. pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, berdasarkan uji One Sample T-test diketahui nilai signifikansi data nilai metode pembelajaran demonstrasi antara kelompok pretest dengan posttest sebesar 0,000 < 0,050 dan nilai t-hitung 27,117 lebih besar dari t-table (2.00488), jadi ada Ada perbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode demonstrasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Kedua, berdasarkan uji One Sample T-test diketahui nilai signifikansi data nilai metode pembelajaran simulasi antara kelompok pretest dengan posttest sebesar 0,000 < 0,050 dan nilai t-hitung 28,411 lebih besar dari t-table (2.00488), jadi ada perbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode metode simulasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Ketiga, Berdasarkan uji Independent Sample T-test diketahui bahwa nilai F-hitung adalah 0,124 dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,025 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Karena nilai signifikansi (2- tailed) 0,025 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwa ada perbedaan minat belajar siswa pada penerapan metode demonstrasi dan simulasi pada mata pelajaran PAI di SMK Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Kata Kunci: Perbandingan, Metode Demonstrasi, Metode Simulasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:34
Last Modified: 12 Apr 2023 02:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69840

Actions (login required)

View Item View Item