Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SD BABUSSALAM PEKANBARU

KHOERUNNISA, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SD BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHOERUNNISA.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khoerunnisa, (2023) : Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understranding Procedures untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan pemahaman konsep siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran conceptual understanding procedures di kelas V Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 17 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes, dan dokumentasi, sementara analisisnya dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata pemahaman konsep yang diperoleh siswa hanya mencapai angka 66 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-ratanya meningkat menjadi 77 atau berada pada kategori cukup, dan pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat kembali hingga mencapai angka 85 atau sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran conceptual understanding procedures dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:56
Last Modified: 11 Apr 2023 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69836

Actions (login required)

View Item View Item