Abd Mutolib (2015) HUBUNGAN ANTARA DZIKIR DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL STUDI PADA MAHASISWA AKTIVIS KEROHANIAN ISLAM LEMBAGA DAKWAH KAMPUS UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (24kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dzikir dengan kecerdasan spiritual pada mahasiswa aktivis kerohanian islam lembaga dakwah Kampus UIN SUSKA Riau. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktivias kerohanian islam dakwah kampus UIN SUSKA Riau yang berjumlah 102 orang. Skala dzikir disusun berdasarkan aspek dzikir menurut Ash Shiddieqy yaitu niat, taqarrub, ihsan, tadarru’, khauf, dan tawaddu’, yang berjumlah 31 aitem , dan skala kecerdasan spiritual disusun berdasarkan aspekaspek kecerdasan spiritual yang dikemukakan oleh Emmons yaitu kemampuan transendental yang fisik dan material, kemampuan untuk mengalami tingkat kecerdasan yang memuncak, kemampuan menggunakan sumber spiritual dalam menyelesaikan masalah, kemampuan berbuat baik, yang berjumlah 30 aitem. Metode analisis data menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson menunjukan r sebesar 0,460 dengan p=0,000 (p<0,01) Artinya ada hubungan yang signifikan antara dzikir dengan kecerdaan spiritual pada mahasiswa aktivis kerohanian islam lembaga dakwah kampus UIN SUSKA Riau. Kata kunci : Dzikir, Kecerdasan Spiritual
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Klinis dan Agama |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 03:16 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 03:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6980 |
Actions (login required)
View Item |