NURMAIDAH, - (2023) IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @pajakriau KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PAJAK (DJP) RIAU SEBAGAI MEDIA INFORMASI PUBLIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI NURMAIDAH.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Nurmaidah Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Implementasi Cyber Public Relations pada Media Sosial Instagram @pajakriau Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau sebagai Media Informasi Publik Kemajuan teknologi menuntut para praktisi Public Relations untuk menjalankan tugas dengan memanfaatkan media online. Perkembangan media sosial yang semakin pesat memunculkan banyak aplikasi media sosial dunia maya seperti, facebook, blog, Instagram dan lain-lain. Public Relations Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau sudah menerapkan cyber public relations dengan menggunakan Media Sosial Instagram @pajakriau untuk memberikan informasi kepada publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi cyber public relations pada Media Sosial Instagram @pajakriau Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data teknik triangulasi yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori cyber public relations menurut Phillips & Young, yaitu: Transparency, Internet Porosity, Internet as an Agent, Richness of Content and Reach. Hasil dari penelitian ini adalah Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (DJP) Riau telah menerapkan semua elemen cyber public relations dengan baik yaitu menggunakan controlled transparency yang menyediakan informasi perusahaan ke publik melalui internet secara terkontrol. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau memanfaatkan internet sebagai agen penyebar informasi edukasi dengan menciptakan konten yang kaya akan informasi perpajakan serta kegiatan pemerintah, serta menggunakan internet dengan bijak dan cermat. Namun ada satu elemen yang harus diperbaiki yaitu elemen Reach, pemerintah harus meningkatkan jangkauan masyarakat di instagram secara lebih luas. Kata Kunci : Implementasi, Cyber Public Relations, Instagram
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 02:55 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 02:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69775 |
Actions (login required)
View Item |