Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Perancangan Alat Bantu Las Listrik untuk Mengurangi Keluhan Musculoskeletal Disorder Menggunakan Metode Loading on the Upper Body Assesment (LUBA)

Merry Siska, - and Ari Gunawan, - (2019) Perancangan Alat Bantu Las Listrik untuk Mengurangi Keluhan Musculoskeletal Disorder Menggunakan Metode Loading on the Upper Body Assesment (LUBA). Jurnal Teknik Industri, 9 (3). pp. 212-219. ISSN ISSN 2622-5131 (Online) | ISSN 1411-6340 (Print)

[img]
Preview
Text
Paper Perancangan Alat Bantu Las Listrik.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dunia industri di indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Perkembangan industri ini tidak lepas dari sektor formal dan informal. Salah satu perkembangan industri informal yaitu bidang pengelasan. Pengelasan adalah teknik penyambungan antara dua buah logam atau lebih dengan memanfaatkan energi panas. Aktivitas para pekerja las tersebut dilakukan dengan posisi badan membungkuk dan jongkok selama ber jam-jam hingga proses pengerjaan suatu produk selesai. Hal ini dapat mengakibatkan pekerja mengalami keluahan otot dibeberapa bagian tubuhnya. Keluhan tersebut terjadi pada bagian leher, punggung, lutut, dan kaki. Salah satu dampak resiko pada kesehatan dan keselamatan kerja yang dihadapi oleh pekerja bengkel las adalah keluhan musculoskeletal disorders (MSDs). Penelitian bertujuan untuk Mengetahui tingkat resiko ergonomi berdasarkan metode loading on the Upper Body Assessment (LUBA) dan Merancang alat bantu cekam (Fixture) yang ergonomis. Metode LUBA (Loading on the Upper Limb Assesment) adalah metode pemberian kode postur tubuh duduk atau berdiri dengan memberikan bobot tambahan untuk postur yang sesuai dengan hasil percobaan dari kondisi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh sendi dari individu, Loading on the Upper Limb Assesment merupakan suatu teknik untuk pembebanan postural pada penilaian atas tubuh.

Item Type: Article
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 10 Apr 2023 15:56
Last Modified: 10 Apr 2023 15:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69735

Actions (login required)

View Item View Item