Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK KENAIKAN HARGA PADA RUMAH SEWA YANG DI UBAH MENJADI LAUNDRY (STUDI DI DESA KUOK KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR)

TASYA CAMILA, - (2023) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK KENAIKAN HARGA PADA RUMAH SEWA YANG DI UBAH MENJADI LAUNDRY (STUDI DI DESA KUOK KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TASYA CAMILA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tasya Camila (2023): Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Praktik Kenaikan Harga Pada Rumah Sewa Yang Di Ubah Menjadi Laundry (Studi Di Desa Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar) Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh keadaan dimana pemilik rumah sewa menaikkan harga sewa rumah secara sepihak. Sementara dalam akad awal pemilik rumah sewaan berjanji tidak akan menaikkan harga sewa rumah. Akan tetapi dalam beberapa waktu penyewaan, pemilik rumah menaikkan harga sewa rumah. Hal ini menimbulkan penipuan dan ingkar janji yang dilakukan oleh pemilik rumah sewaan kepada penyewa rumah. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana praktik kenaikan harga rumah sewa yang di ubah menjadi laundry dan bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah tentang kenaikan harga rumah sewa yang di ubah menjadi laundry di Desa Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach). Populasi dalam penelitian ini adalah adalah 3 orang pemilik dan 5 orang penyewa rumah. Sampel dalam penelitian ini diambil penyewa yang mengalami kenaikan harga rumah sewa setelah di ubah menjadi laundry dan pemilik rumah sewa yang menaikkan harga rumah sewa dengan metode total sampling. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang ada di analisis melalui metode deskriftif kualitatif, dimana menghasilkan data deskriptif untuk menggambarkan suatu keadaan yang berjalan pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa praktik kenaikan harga pada rumah sewa yang di ubah menjadi laundry yang berlangsung di Desa Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar adalah sewa menyewa yang sah dan memenuhi rukun dan syarat ijarah serta tidak mengandung penipuan atau ingkar janji. Kata Kunci: Fiqh Muamalah, Ijarah, rumah sewa, laundry, kenaikan harga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:54
Last Modified: 11 Apr 2023 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69715

Actions (login required)

View Item View Item