PENGARUH STRESS INOCULATION TRAINING TERHADAP COPING STRESS PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK

Mimi Rahayu, (2015) PENGARUH STRESS INOCULATION TRAINING TERHADAP COPING STRESS PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Guru TK sering dianggap sebagai profesi yang biasa, namun kenyataannya profesi ini penuh dengan tekanan yang mengakibatkan guru TK mengalami stress. Maraknya kasus kekerasan yang dilakukan oleh guru TK kepada murid adalah cerminan ketidakmampuan guru dalam menghadapi situasi stressfull, hal ini menunjukkan coping stress pada guru TK masih rendah. Agar dapat meningkatkan coping stress yang rendah pada guru TK maka dilakukan eksperimen dengan menerapkan Stress inoculation Training (SIT). SIT adalah sebuah pelatihan dengan modifikasi perilaku dan kognitif yang mampu mengintegrasikan peranan faktor kognitif dan afektif dalam mengatasi stress. SIT dilakukan dengan empat sesi selama 2 hari. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan coping stress pada guru TK. Subjek penelitian ini sebanyak 5 orang guru TK yang berdomisili di Pekanbaru, dan memiliki coping stress yang rendah. Instrument yang digunakan adalah skala ways of coping. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan One Group Pretest -Posttest Design. Berdasarkan hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, nilai Z yang didapat sebesar - .921 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0.178 lebih besar dari 0,05 artinya hipotesis penelitian ditolak. Hal ini menujukkan bahwa SIT tidak efektif dalam meningkatkan coping stress pada guru TK. Ada beberapa faktor yang menyebabkan SIT tidak efektif dalam meningkatkan coping stress yaitu usia, kepribadian, status pernikahan, lama bekerja serta waktu pelaksanaan penelitian. Kata Kunci : Coping stress, Stress Inoculation Training, Guru TK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Klinis dan Agama
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 05 Sep 2016 08:03
Last Modified: 05 Sep 2016 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6971

Actions (login required)

View Item View Item