Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Praktik Jual Beli Sarang Burung Walet Perspektif Hukum Islam (Studi di Desa Mahato, Kec. Tambusai Utara, Kab. Rokan Hulu)

Mas Suroh, - (2023) Praktik Jual Beli Sarang Burung Walet Perspektif Hukum Islam (Studi di Desa Mahato, Kec. Tambusai Utara, Kab. Rokan Hulu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mas Suroh, (2023): Praktik Jual Beli Sarang Burung Walet Perspektif Hukum Islam (Studi di Desa Mahato, Kec. Tambusai Utara, Kab. Rokan Hulu) Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan masyarakat desa Mahato dalam melakukan praktik jual beli sarang burung walet belum memenuhi rukun dan syarat dalam jual beli, yaitu kerusakan dalam akad jual beli tetapi praktik jual belinya tetap berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana praktik jual beli sarang burung walet di desa Mahato dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli sarang burung walet di desa Mahato. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui praktik dan analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli sarang burung walet di desa Mahato. Jenis penelitian ini termasuk sosiologis hukum Islam yang dilakukan dengan metode penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian kualitataif yang dilakukan di desa Mahato kecamatan Tambusai Utara kabupaten Rokan Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah penjual dan pembeli sarang burung walet, populasi dalam penelitian ini sebanyak 25 orang terdiri dari 17 orang penjual dan 8 orang pembeli sarang burung walet. Dalam hal ini penulis perlu mengambil sampel, karena tidak semua populasi dapat dijadikan sampel, yaitu dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sebanyak 15 orang terdiri dari 10 orang penjual dan 5 orang pembeli. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, wawancara, dan kajian pustaka, dengan metode penulisan deskriftif kualitatif, selanjutnya disusun dalam bentuk tulisan dengan menggunakan teknik deduktif. Berdasarkan penelitian penulis, penulis dapat menyimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik jual beli sarang burung walet yang terjadi di desa Mahato diperbolehkan tetapi masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan disempurnakan. Kata Kunci: Jual Beli, Sarang Burung Walet, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:48
Last Modified: 11 Apr 2023 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69693

Actions (login required)

View Item View Item