Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Peer Lesson untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V MIN 3 Rokan Hulu.

Vira Rukma Hidayah, - (2023) Penerapan Strategi Peer Lesson untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V MIN 3 Rokan Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Vira Rukma Hidayah (2023): Penerapan Strategi Peer Lesson untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V MIN 3 Rokan Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi Peer Lesson di kelas V MIN 3 Rokan Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 34 siswa kelas V MIN 3 Rokan Hulu. Sedangkan objeknya adalah strategi Peer Lesson dan keterampilan komunikasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi Peer Lesson dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya dari sebelum tindakan perbaikan hingga tindakan perbaikan pada siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran persentase keterampilan komunikasi siswa hanya mencapai 55,44% yang berada pada rentang 50-59% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, keterampilan komunikasi siswa meningkat menjadi 66,68% yang berada pada rentang 60-69% dengan kategori cukup. Kemudian pada siklus II persentase keterampilan komunikasi meningkat menjadi 80,29% yang berada pada rentang 80-100% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Strategi Peer Lesson, Keterampilan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:59
Last Modified: 11 Apr 2023 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69684

Actions (login required)

View Item View Item