Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN ISTRI SEBAGAI WANITA KARIR DALAM MEWUJUDKAN KEHARMONISAN KELUARGA (Studi Penelitian di Kementerian Agama Kota Pekanbaru)

IRVAN RINALDI.S, - (2023) PERAN ISTRI SEBAGAI WANITA KARIR DALAM MEWUJUDKAN KEHARMONISAN KELUARGA (Studi Penelitian di Kementerian Agama Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI IRVAN RINALDI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irvan Rinaldi. S, (2023): Peran Istri Sebagai Wanita Karir Dalam Mewujudkan Keharmonisan Keluarga (Studi Penelitian di Kementerian Agama Kota Pekanbaru) Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh perempuan yang bekerja diasumsikan waktu kebersamaan dengan keluarga menjadi berkurang sehingga akan menganggu keharmonisan keluarga, apalagi mereka sudah dikaruniai anak, tetapi dalam kenyataannya tidak ada permasalahan yang tampak atau serius yang dapat menimbulkan pertengkaran keluarga. Fenomena yang demikian terjadi pada pegawai wanita di Kementerian Agama Kota Pekanbaru. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana pandangan pegawai wanita yang berstatus sebagai istri di Kementerian Agama Kota Pekanbaru tentang keluarga harmonis serta bagaimana perannya dalam mewujudkan keharmonisan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan pegawai wanita yang berstatus sebagai istri di Kementerian Agama Kota Pekanbaru tentang keluarga harmonis serta perannya dalam mewujudkan keluarga yang harmonis. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teori deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwasanya pandangan para istri sebagai wanita karir tentang keluarga harmonis adalah keluarga dimana kondisi keluarga tersebut tenang, tentram, bahagia, damai, rukun, nyaman, kondisi ekonomi lancar serta semua perbuatan atau aktifitas dalam keluarga tersebut didasarkan pada syari’ah atau aturan-aturan dan ajaran agama islam serta langkah-langkah untuk mewujudkan keluarga harmonis yakni denga menjaga komunikasi, menciptakan kehidupan beragama dalam keluarga, memahami hak dan kewajiban suami dan istri, saling menghargai antar sesama anggota keluarga, menciptakan kejujuran, kepercayaan, dan kesetiaan, mempunyai waktu bersama keluarga, memiliki ekonomi yang baik, memberikan keteladan yang baik. Kata kunci: Peran Istri , Wanita Karir, Keluarga Harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:42
Last Modified: 11 Apr 2023 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69678

Actions (login required)

View Item View Item