Astuti and Hastuti and Hosnilawati and Sukma Erni (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI INKUIRI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU. TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial, 1 (1). pp. 1-12. ISSN E-ISSN : 2829-2413
|
Text
16282-49241-1-PB.pdf Download (644kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan pemahaman peserta didik tentang manusia, tempat dan lingkungannya melalui implementasi strategi inkuiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Siklus 1 diperoleh hasil yang cukup baik kendati masih terdapat kelemahan terutama dalam proses pembelajaran yang dilalui siswa. Perbaikan yang dilaksanakan pada siklus ke 2 berdampak pada meningkatnya hasil belajar dan proses terlaksana secara optimal. Peningkatan hasil belajar pada siklus I adalah 80% mencapai kriteria kelulusan dan pada siklus II naik menjadi 90,62%. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa strategi inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga tepat digunakan sebagai alternative strategi pembelajaran. Kata kunci: Strategi Inkuiri, Pemahaman Konsep, Pembelajaran IPS
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 07:24 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 07:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69668 |
Actions (login required)
View Item |