Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS V SD MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU

REYHANA ZHAFIRA, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS V SD MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (50MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (51MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Reyhana Zhafira, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa pada Muatan Pelajaran PPKn kelas V SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan tanggung jawab siswa pada muatan pelajaran PPKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray di kelas V SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tanggung jawab siswa diantaranya siswa kurang memiliki kesiapan belajar sebelum pembelajaran, kurang disiplin, dan kurang berpartisipasi aktif mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah guru dan siswa, dan objeknya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dan tanggung jawab siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab siswa. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran, nilai rata-rata tanggung jawab siswa hanya mencapai 37,50 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada siklus I, nilai rata-rata tanggung jawab siswa meningkat menjadi 63,33 atau tergolong dalam kategori baik, dan pada siklus II juga meningkat menjadi 89,50 dan sudah termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dapat meningkatkan tanggung jawab siswa pada muatan pelajaran PPKn di kelas V SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray, Tanggung Jawab Siswa SD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:07
Last Modified: 11 Apr 2023 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69664

Actions (login required)

View Item View Item