Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROSES KOLABORASI ANTARA NELAYAN DAN PENJUAL IKAN DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI DI PASAR IKAN BAREK MOTOR KECAMATAN BINTAN TIMUR KABUPATEN BINTAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU

VINI AULEYA, - (2023) PROSES KOLABORASI ANTARA NELAYAN DAN PENJUAL IKAN DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI DI PASAR IKAN BAREK MOTOR KECAMATAN BINTAN TIMUR KABUPATEN BINTAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Vini Auleya NIM : 11940122324 Judul : Proses Kolaborasi Antara Nelayan dan Penjual Ikan Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Di Pasar Ikan Barek Motor Kecamatan Bintan Timur Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau Kolaborasi merupakan salah satu bentuk interaksi sosial. Kolaborasi adalah proses berpikir antara pihak-pihak yang terlibat melihat aspek-apek perbedaan dari adanya masalah dan menemukan adanya solusi dari perbedaan tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kolaborasi atau kerjasama dan interaksi yang terjadi diantara nelayan dan penjual ikan, dan bagaimana proses kolaborasi antara nelayan dan penjual ikan dalam meningkatkan hasil produksi. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mendeskripsikan proses kolaborasi antara nelayan dan penjual ikan untuk meningkatkan hasil produksi. Subjek dari penelitian ini adalah nelayan dan penjual ikan. Dan yang menjadi objek penelitian ini adalah proses kolaborasi antara nelayan dan penjual ikan di Pasar Ikan Barek Motor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka penulis menemukan beberapa hal yaitu adanya proses kolaborasi dalam meningkatkan hasil produksi dengan proses tatap muka berdialog yang terjadi di pasar Ikan Barek Motor ketika nelayan kecil menjual hasil tangkapannya ke penjual ikan tanpa adanya perantara, sedangkan nelayan besar melalui perantara. Membangun kepercayaan dengan cara para nelayan menjual ikan selalu menjaga produknya agar selalu menjual ikan yang segar ke penjual ikan dan penjual ikan percaya bila nelayan menjual ikan segar dan tidak dicampur dengan ikan yang tidak bagus. Komitmen dalam proses yang dilakukan nelayan dan penjual ikan sepakat bahwa ikan yang dijual harus segar. Pemahaman bersama yang dilakukan para nelayan dan penjual ikan yaitu dengan menentukan harga ikan. Hasil dari proses kolaborasi yaitu terlaksananya nelayan yang menjual hasil tangkapannya ke penjual ikan. Kata Kunci : Proses Kolaborasi, Interaksi dan Meningkatkan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:06
Last Modified: 11 Apr 2023 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69638

Actions (login required)

View Item View Item