Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN RELIGIUSITAS DAN IMUN PSIKOLOGIS TERHADAP KUALITAS HIDUP DI MASA PANDEMI COVID-19 (KAJIAN TERHADAP PEREMPUAN YANG SUDAH MENIKAH DI KOTA PEKANBARU)

Raudatussalamah, - and Hasbullah, - and Reni Susanti, - and IMELDA MAULINA, - (2022) PERAN RELIGIUSITAS DAN IMUN PSIKOLOGIS TERHADAP KUALITAS HIDUP DI MASA PANDEMI COVID-19 (KAJIAN TERHADAP PEREMPUAN YANG SUDAH MENIKAH DI KOTA PEKANBARU). [Experiment]

[img]
Preview
Text
Lap Penelitian 2022 full.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perempuan sangat rentan mengalami masalah kesehatan mental. Kesehatan mental yang negatif akan memengaruhi aktifitas dan mobilitas secara fisiologis, psikologis, sosial dan gangguan kesehatan lainnya yang dapat mengancam kualitas hidup. Religiusitas dan imun Psikologis merupakan protective factor yang penting untuk dimiliki oleh perempuan yang sudah menikah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan sistem imun psikologis terhadap kualitas hidup perempuan yang sudah menikah. Adapun populasi yaitu perempuan yang sudah menikah dengan jumlah sampel 207 orang. Adapun kriteria partisipan yaitu perempuan yang sudah menikah, beragama Islam, dengan rentang usia 22-63 tahun dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-Partial Least Square. Hasil penelitian menemukan bahwa religiusitas berpengaruh secara tidak langsung terhadap kualitas hidup melalui sistem imun psikologis dengan nilai t statistic 4,722 (p=0.000) dengan nilai total effect t statistic 2,803 (p=0.003). Peningkatan religiusitas merupakan faktor penting untuk meningkatkan sistem imun psikologis dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

Item Type: Experiment
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
100 Filsafat dan Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 09 Apr 2023 14:55
Last Modified: 09 Apr 2023 14:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69625

Actions (login required)

View Item View Item