Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Pendidikan Multikultural oleh Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru

Yuliharti, - (2022) Implementasi Pendidikan Multikultural oleh Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Prosiding The Annual Conference on Islamic Religious Education, 2 (1). pp. 671-679. ISSN 2722-9169

[img]
Preview
Text
59-205-1-PB.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Kondisi Indonesia yang sangat majemuk dari segi agama, etnis dan budaya, dan diiringi dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi di era glabalisasi saat ini seringkali memicu terjadinya gesekan-gesekan di antara elemen bangsa ini. Tercatat dalam beberapa dekade terakhir telah terjadi fenomena-fenomena sosial pendidikan, k ekerasan, konflik atas nama agama, etnis, ormas yang semakin menggerus nilai-nilai keadilan dan merusak sendi-sendi kerukunan bermasyarakat. Melihat hal itu, maka pendidikan multikultural sangat penting ditanamkan kepada peserta didik sebagai upaya untuk menangkis tindakan intoleransi demi kehidupan yang harmonis.Tulisan ini bertujuan untuk mengemukakan hasil riset tentang implementasikan pendidikan multikultural oleh guru Pendidikan Agama Islam di salah satu sekolah menengah pertama di Pekanbaru, yaitu Sekolah Menengah Pertama Teknologi Pekanbaru. Riset ini merupakan studi kualitatif yang menggunakan interview individual dengan guru PAI dan Kepala Sekolah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa guru PAI telah berupaya untuk mengimplementasikan pendidikan multicultural di Sekolah Menengah Pertama Teknologi Pekanbaru hanya saja masih bersifat kondisional yaitu tergantung situasi dan kondisi yang dihadapinya yang terkait dengan masalah-masalah perbedaan atau keragaman yang terjadi di sekolah baik di dalam pembelajaran atau di luar pembelajaran. Upaya-upaya yang telah dilakukannya diantaranya adalah membangun paradigma keberagaman, menghargai keragaman bahasa, membangun sensivitas gender, membangun sikap kepedulian social, membangun sikap anti deskriminasi etnis, sikap anti diskriminasi terhadap perbedaan. Di samping itu upaya yang dilakukannya belum tersistematis sebagai suatu program yang terencana tanpa pola yang jelas. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Multikultural.

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:15
Last Modified: 17 Apr 2023 05:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69624

Actions (login required)

View Item View Item