Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 031 TARAI BANGUN KABUPATEN KAMPAR

HILYATUL AULIARIZON, - (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KONTEKSTUAL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 031 TARAI BANGUN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Hilyatul Aulia Rizon, (2023): Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Berbasis Flipbook pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDN 031 Tarai Bangun Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SD; 2) Bagaimana kebutuhan bahan ajar di kelas IV SD; 3) Spesifikasi bahan ajar kontekstual berbasis Flipbook pada pelajaran IPAS di kelas IV SD; 4) Rancangan desain penggunaan bahan ajar kontekstual berbasis Flipbook; 5) Validitas bahan ajar kontekstual berbasis Flipbook; 6) Praktikalitas bahan ajar kontekstual berbasis Flipbook. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan model Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari sepuluh tahapan dan terlaksana sebanyak tujuh tahap yakni: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) melakukan perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk utama, 6) uji coba produk utama, dan 7) revisi produk. Subjek dari penelitian ini adalah 6 guru dan 36 siswa dengan menggunakan angket. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran di kelas hanya menggunakan buku konvensional yang tidak kontekstual; 2) Pembelajaran Tematik membutuhkan bahan ajar yang bersifat kontekstual dan berbentuk Flipbook; 3) Spesifikasi bahan ajar berbentuk buku digital dengan muatan materi yang kontekstual dan diakses menggunakan Smartphone atau Gadget lainnya; 4) Rancangan desain produk dengan menyusun draft awal (penyusunan isi, revisi, posisi gambar), dan membuat grafika produk (instal dan registrasi aplikasi Canva, mendesain, menyimpan dan mengunduh dan konversi File menjadi Flipbook; 5) Bahan ajar divalidasi oleh ahli materi dengan nilai 96% kategori Sangat Layak, bahasa dengan nilai 94% kategori Sangat Layak, dan grafika dengan nilai 93% kategori Sangat Layak. 6) Uji praktikalitas dilakukan dua tahap yakni uji kelompok kecil dan besar. Uji kelompok kecil melibatkan 1 (satu) guru dengan hasil 100% kategori Sangat Baik dan 6 (enam) siswa dengan hasil 92% kategori Sangat Baik. Uji coba kelompok besar melibatkan 5 (lima) guru dengan hasil 95% kategori Sangat Baik dan 30 siswa dengan hasil 94% kategori Sangat Baik. Kata Kunci: Bahan Ajar, Flipbook, Penelitian Pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:01
Last Modified: 06 Apr 2023 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69538

Actions (login required)

View Item View Item