Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KREDIBILITAS PENYAJIAN TAFSIR DIGITAL PADA WEBSITE TAFSIRWEB.COM DAN TAFSIRQ.COM (Studi Komparatif Tafsir Digital di Indonesia)

Surani, Rani (2023) KREDIBILITAS PENYAJIAN TAFSIR DIGITAL PADA WEBSITE TAFSIRWEB.COM DAN TAFSIRQ.COM (Studi Komparatif Tafsir Digital di Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kredibilitas Penyajian Tafsir pada Website tafsirweb.com dan Tafsirq.com (Studi Komparatif Tafsir Digital di Indonesia)”. Perkembangan kajian Islam terkhusus kajian tafsir saat ini tidak hanya sebatas pentransformasian dari media cetak ke media digital, namun juga pada media online. Maraknya situs kajian tafsir di media online (internet) menyebabkan banyaknya masyarakat lebih memilih mengakses di internet, tanpa memperhatikan kredibilitas penyedia layanannya. Adapun penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kredibilitas penyajian tafsir pada website tafsirweb.com dan Tafsirq.com, serta mengetahui metode penyajian pada kedua website tersebut. Adapun rumusan masalah yang menjadi fokus kajian adalah bagaimana sistematika penyajian tafsir pada tafsirweb.com dan Tafsirq.com, dan bagaimana kredibilitas penyajian tafsir pada website tafsirweb.com dan Tafsirq.com. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif-analisis untuk mengolah dan menganalisis data dari kajian tafsir di kedua website tersebut Temuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut, Pertama, penyajian data pada website tafsirweb.com terdapat menu Al-Qur’an dan terjemah serta penafsirannya, juga terdapat menu topik dan serial, doa’ dan dzikir, essay, jadwal sholat dan update tafsir. Penyajian tafsir pada website tafsirweb.com terdapat 31 kitab tafsir dengan dua metode penyajian tafsir yaitu berbasis topik dan serial. Sedangkan pada website Tafsirq.com dari segi penyajian data terdapat menu Qur’an, do’a, cerita hikmah, tilawah per ayat, mushaf Madinah, dan juga dilengkapi fatwa DSN. Pada website Tafsirq.com terdapat 2 kitab tafsir, dan hanya menggunakan metode penyajian berbasis tema (topik). Kedua, kedua website ini kredibel karena pada website, pengelola mencantumkan penanggung jawab konten serta dalam menafsirkan ayat telah merujuk kepada kitab-kitab tafsir yang mu’tabarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas,Website, Digital, Penyajian, Komparatif.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:55
Last Modified: 06 Apr 2023 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69533

Actions (login required)

View Item View Item