Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK INTENSIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEMUNING

RIKA LESTARI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK INTENSIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEMUNING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)

Abstract

RIKA LESTARI (2022) : PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK INTENSIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEMUNING Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bercerita dengan gambar terhadap keterampilan menyimak intensif pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kemuning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa sedangkan objeknya adalah proses pelaksanaan penggunaan metode bercerita dengan gambar terhadap keterampilan menyimak intensif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kemuning yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total dan berjumlah 70 siswa, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji t-test penelitian pada pretest kelas eksperimen, 12 siswa tuntas dan 23 siswa tidak tuntas, pada posttest menjadi 23 siswa tuntas 12 siswa tidak tuntas maka terjadi perubahan yang signifikan pada kelas eksperimen setelah dilakukan treatment. Kemudian pada pretest kelas kontrol 13 tuntas dan 22 tidak tuntas kemudian pada saat posttest menjadi 16 siswa tuntas dan 19 siswa tidak tuntas maka rata-rata pada pretest tidak terjadi perubahan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa metode bercerita dengan gambar mempengaruhi keterampilan menyimak intensif siswa dan dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: Pengaruh Penggunaan Metode Becerita, Keterampilan Menyimak Intensif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:48
Last Modified: 06 Apr 2023 03:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69527

Actions (login required)

View Item View Item