Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN IKLAN NIAGA MEDIA LUAR RUANG DI WILAYAH KOTA PEKANBARU DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS IKLAN SISWA SMP KELAS VIII

EKO PRAYOGI, - (2023) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN IKLAN NIAGA MEDIA LUAR RUANG DI WILAYAH KOTA PEKANBARU DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS IKLAN SISWA SMP KELAS VIII. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

EKO PRAYOGI (2022) : ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN IKLAN NIAGA MEDIA LUAR RUANG DI WILAYAH KOTA PEKANBARU DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS IKLAN SISWA SMP KELAS VIII Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk kesalahan berbahasa pada penulisan iklan niaga media luar ruang iklan niaga di wilayah kota Pekanbaru dan untuk mengetahui relevansi hasil penelitian dengan materi ajar teks iklan kurikulum 2013 pada sekolah menengah pertama kelas viii. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik pengumpulan data observasi deskriptif (teknik rekam, simak, dan catat). Teknik analisis data yaitu mengumpulkan data-data penelitian, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Iklan media luar ruang yang diperoleh berjumlah 43 data. Dapat disimpulkan dua hal sebagai berikut. Pertama, Kesalahan penggunaan ejaan terdiri atas 36 data, meliputi kesalahan pemakaian huruf 3 data, penulisan kata 9 data, pemakaian tanda baca 13 data, dan unsur serapan 10 data. Sedangkan kesalahan pada penggunaan diksi terdapat 7 data. Kedua, hasil penelitian ini sesuai jika digunakan sebagai materi ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di jenjang Sekolah Menengah Pertama kelas viii khususnya dalam pembelajaran teks iklan. Dengan demikian, masih banyak ditemukannya kesalahan berbahasa pada penulisan iklan niaga media luar ruang ruang di wilayah kota Pekanbaru yang tidak sesuai dengan aturan kaidah bahasa Indonesia. Padahal penggunaan bahasa yang tepat dapat mensosialisasikan produk dan jasa. Kata kunci: kesalahan berbahasa, media luar ruang, ejaan,diksi, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:47
Last Modified: 06 Apr 2023 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69523

Actions (login required)

View Item View Item