Risnawati and Mayu Syahwela and Zubaidah Amir MZ, - (2023) Students’ Mathematical Problem-Solving Ability Based on The Level of Learning Outcomes on Sequence and Series. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12 (1). pp. 145-154. ISSN p-ISSN: 2086-4280 e-ISSN: 2527-8827
|
Text
1975-8094-1-PB.pdf Download (545kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran difungsikan sebagai wadah siswa dalam mengembangkan diri sebelum terjun ke masyarakat. Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang penting bagi siswa dalam menyelesaikan tantangan di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari tingkat hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa berasal dari kelas XI SMA. Data diambil pada semester ganjil Tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa tingkatan rendah hanya dapat melakukan tahapan memahami informasi, (2) siswa tingkatan sedang dapat melakukan tahapan memahami informasi, merencana dan melaksanakan penyelesaian walaupun masih terdapat kesalahan operasi hitung (3) siswa dengan tingkatan tinggi juga sama siswa tingkatan sedang, yang mana siswa sudah sampai ke pada tahap menyelesaikan masalah dengan benar tetapi tidak melakukan pengecekan ulang terhadap solusi yang ditemukan. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis; Tingkat hasil belajar; Barisan dan deret.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 02:18 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 02:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69515 |
Actions (login required)
View Item |