ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERAWATAN PASIEN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERORIENTASI ASPEK (STUDI KASUS : RSIA LABUH BARU PEKANBARU)

Eka Pratiwi Rahmadi, (2011) ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERAWATAN PASIEN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERORIENTASI ASPEK (STUDI KASUS : RSIA LABUH BARU PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011197.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada analisa dan perancangan Sistem Informasi Perawatan Pasien pada RSIA (Rumah Sakit Ibu dan Anak) dengan menggunakan pendekatan berorientasi aspek. Permasalahan yang terdapat pada rumah sakit ini yaitu proses perawatan pasien rawat jalan dan pasien rawat inap, tagihan pasien serta laporan pasien yang belum efektif dan efesien seperti membutuhkan waktu yang lama saat melakukan proses transaksi tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut dirancanglah sistem informasi RSIA dengan menggunakan pendekatan berorientasi aspek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tahap analisa dan perancangan. Tahap analisa dan perancangan dilakukan dengan menggunakan bantuan UML (Unified Modelling Language). Pada tahap analisa dan perancangan diperlihatkan perbedaan pendekatan berorientasi objek dan pendekatan berorientasi aspek dan untuk kasus RSIA ini juga dihasilkan pseudocode untuk 2 modul yaitu perawatan pasien rawat inap dan perawatan pasien rawat jalan. Kata kunci : Berorientasi aspek, Mysql, PHP, Sistem Informasi, UML.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item