Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN BUMDES (Studi Pada BUMDes Usaha Berkah Desa Mayang Sari Kabupaten Kepulauan Meranti)

JESINTA, 11970520041 (2023) PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN BUMDES (Studi Pada BUMDes Usaha Berkah Desa Mayang Sari Kabupaten Kepulauan Meranti). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN BUMDES (Studi Pada BUMDes Usaha Berkah Desa Mayang Sari Kabupaten Kepulauan Meranti) Oleh: JESINTA 11970520041 Tujuan penelitian ini ialah untuk menjelaskan penerapan prinsip Good Corporate Governance terhadap pengelolaan BUMDes Desa Mayang Sari dan faktor penghambat dalam penerapan prinsip Good Corporate Governance. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian berasal dari aktor yang ada di BUMDes Desa Mayang Sari. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penerapan prinsip Good Corporate Governance belum terlaksana secara maksimal. Prinsip transparansi dan akuntabilitas belum berjalan dengan baik. Sedangkan prinsip responsibilitas, independensi, kewajaran dan kesetaraan sudah berjalan dengan baik sesuai indikator. Hambatan yang dihadapi BUMDes Mayang Sari adalah berkaitan dengan benturan kepentingan, belum mampu memberikan upah kepada pengurus, keterbatasan kemampuan manajemen usaha dan manajemen kepemimpinan, SDM yang tergolong sedikit, serta pengawasan yang kurang ketat sehingga banyak pengurus yang lalai akan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. Kata Kunci: Implementasi, Tata Kelola, BUMDes, GCG

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 04 Apr 2023 06:20
Last Modified: 04 Apr 2023 06:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69495

Actions (login required)

View Item View Item