Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KETERSEDIAAN INFORMASI PUBLIK, PEMAHAMAN WAJIB PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PAJAK, SUSTAINABILITY USAHA DAN PENGEMBANGAN JEJARINGAN KOMUNIKASI BISNIS UMKM DI PEKANBARU

Elfiandri, - and Febri Rahmi, - (2021) PENGARUH KETERSEDIAAN INFORMASI PUBLIK, PEMAHAMAN WAJIB PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PAJAK, SUSTAINABILITY USAHA DAN PENGEMBANGAN JEJARINGAN KOMUNIKASI BISNIS UMKM DI PEKANBARU. [Experiment]

[img]
Preview
Text
Penelitian 2021, Elfiandri-Febri Rahmi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemerintah sebagai penyelenggara pelayan publik telah memberikan keterbukaan informasi public dan kemudahan mengaksesnya. UMKM merupakan salah satu contoh penerima manfaat dari informasi tersebut. UMKM berperan sebagai penyumbang devisa negara dari sektor ekonomi dan perpajakan meskipun jumlahnya relatif kecil. Stimulasi perpajakan yang dibuat pemerintah seperti penurunan tarif pajak ternyata belum cukup baik dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Dalam hal ini peran informasi publik dan komunikasi bisnis sangat dibutuh. Oleh karena itu perlu adanya kajian yang bertujuan pertama, untuk menganalisis secara parsial pengaruh informasi publik dan pemahaman wajib pajak terhadap kepatuhan, kelanjutan usaha dan pengembngan jaringan komunikasi bisnis. Kedua menganalisis mediasi pemahaman, kepatuhan dan kelanjutan usaha terhadap hubungan antara informasi publik dan pengembangan jaringan komunikasi bisnis. Sampel penelitian sebanyak 316 orang, dengan teknik incidental purposive, dengan menyebarkan kuisioner. SEM merupakan metode analisis yang digunakan dengan bantuan warppls. Ditemukan hasil bahwa secara parsial informasi publik dan pemahaman wajib pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan, kelanjutan usaha dan pengembangan jaringan komunikasi bisnis. Efek mediasi parsial pemahaman wajib pajak terhadap hubungan informasi public dan kepatuhan wajib pajak memberikan kontribusi terbesar. Sementara mediasi penuh pada pemahaman wajib pajak, kepatuhan dan kelanjutan usaha terhadap hubungan antara informasi publik dan jaringan komunikasi bisnis. Kata Kunci: Informasi Public, Pemahaman Wajib Pajak, Kepatuhan, Kelanjutan Usaha dan Jaringan Komunikasi Bisnis.

Item Type: Experiment
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Eko Syahputra
Date Deposited: 31 Mar 2023 03:26
Last Modified: 31 Mar 2023 03:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69461

Actions (login required)

View Item View Item