Elfiandri, - and Febri Rahmi, - (2018) LITERASI MEDIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP RESISTENSI BERITA HOAX SERTA PERILAKU KONSUMTIF PRODUK HALAL DAN SEHAT PADA MASYARAKAT MUSLIM DI PROVINSI RIAU. [Experiment]
|
Text
Penelitian 2018 Elfiandri & Febri Rahmi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Banyaknya media dan pesan komunikasi global yang menerpa masyarakat telah melahirkan sikap oportunis dari beberapa komunikator (sumber informasi) baik dalam bentuk perorangan maupun berkelompok untuk berbagi informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini berakibat kepada kualitas informasi yang diterima masyarakat (komunikan) telah bercampur antara informasi yang benar dengan informasi yang tidak bernar atau hoax. Dalam memilih informasi masyarakat perlu memiliki pengetahuan (literasi) media sehingga mereka memiliki daya tolak (resistensi) terhadap informasi bohong atau hoax yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi media terhadap perilaku konsumtif makanan halal dan sehat di mediasi oleh berita hoax. Populasi penelitian adalah masyarakat muslim di Propinsi Riau. Sampel penelitian ini sebanyak 400 di 12 kecamatan Kota Pekanbaru dan 1 Kecamatan di Kabupaten Siak. Data penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data adalah kuisioner. Teknik analisis data adalah analisis Structural Equation Model (SEM) dengan program WarpPLS. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa hipotesis pertama diterima yaitu literasi media berpengaruh signifikan terhadap resistensi berita hoax. Kemudian hipotesis kedua diterima yaitu literasi media berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Berikutnya hipotesis ketiga diterima yaitu resistensi berita hoax berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Terakhir hipotesis keempat diterima yaitu literasi media berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dimediasi oleh resistensi berita hoax. Pada penelitian ini diperoleh R-squared sebesar 0,088 atau 8,8% dapat dijelaskan oleh variabel literasi media dan resistensi hoax dan 91,2% dijelaskan oleh variabel lain. Keyword: Komunikasi, Literasi Media, Resistensi Berita Hoax, Perilaku Konsumtif,
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mr Eko Syahputra |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 03:14 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 03:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69460 |
Actions (login required)
View Item |