Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PROGRAM DAKWAH MAJELIS DAKWAH ISLAMIYAH (MDI) KOTA PEKANBARU MELALUI PENGABDIAN MASYARAKAT BERBASIS KESEHATAN

Desi Natasya, Desi (2023) PELAKSANAAN PROGRAM DAKWAH MAJELIS DAKWAH ISLAMIYAH (MDI) KOTA PEKANBARU MELALUI PENGABDIAN MASYARAKAT BERBASIS KESEHATAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seorang da’i harus mempunyai peran penting dalam mengetahui materi dan metode dalam pelaksanaan dakwah mengenai pengabdian masyarakat berbasis kesehatan, yang masih banyak mad’u menghadapi masalah keagamaan karena masyarakatnya yang masih sangat jauh dari ajaran agama Islam, memiliki akidah yang masih awam, yang memiliki gangguan kesehatan, yang menyebabkan mereka jarang melaksanakan ibadah yang semestinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Program Dakwah Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Kota Pekanbaru Melalui Pengabdian Masyarakat Berbasis Kesehatan. Adapun lokasi pada penelitian ini di Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan 5 (Lima) informan penelitian. Adapun Pelaksanaan Program Dakwah Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Kota Pekanbaru Melalui Pengabdian Masyarakat Berbasis Kesehatan yaitu: Pertama, pemberian motivasi yaitu berupa tabligh akbar, khutbah jum’at, pengajian khusus, pengajian umum ibu-ibu/bapak-bapak. Kedua, melakukan bimbingan yaitu melakukan bimbingan dan pelatihan sebelum turun kelapangan untuk berdakwah. Ketiga, perjalinan hubungan yaitu dengan hubungan internal dan eksternal, hubungan secara internal saling bersilaturahmi antar individu dengan permusyawarahan, dan hubungan secara eksternal yaitu: berkerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Keamanan, Dinas Kebersihan, Polda Riau, dan MUI Kota Pekanbaru. Keempat, penyelenggaraan komunikasi yaitu memberikan informasi dalam berkomunikasi baik dilaksanakan dalam berdiskusi maupun musyawarah dengan membicarakan baik-baik. Kelima, upaya da’i dalam melaksanaan program dakwah melalui bidang pengabdian masyarakat berbasis kesehatan adalah dengan melakukan bimbingan dan pelatihan yang diadakan oleh MDI Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Dakwah, Pengabdian Masyarakat berbasis Kesehatan
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:21
Last Modified: 31 Mar 2023 07:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69445

Actions (login required)

View Item View Item