Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan E-Modul IPA SMP/MTs Berbasis SocioScientific Issue (SSI) Terintegrasi Nilai KeIslaman Pada Materi Pencemaran Lingkungan

JODI KURNIAWAN, - (2023) Pengembangan E-Modul IPA SMP/MTs Berbasis SocioScientific Issue (SSI) Terintegrasi Nilai KeIslaman Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jodi Kurniawan (2023): Pengembangan E-Modul IPA SMP/MTs Berbasis SocioScientific Issue (SSI) Terintegrasi Nilai KeIslaman Pada Materi Pencemaran Lingkungan Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk E-Modul IPA SMP/MTs berbasis socio-scientific issue pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian dilakukan oleh penulis menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development) dengan mengadaptasi pengembangan oleh Borg and Gall. Langkah penelitian dalam penelitian ini terdiri dari tahap 1) pencarian dan pengumpulani data (Researchi and Information Collecting), 2) Perencanaan (Planning), 3) Mengembangkani bentuki produki awali (Develop Preliminary From of Product, 4) Uji coba lapangan awal (Preliminary Field Testing, 5) Revisii hasili ujii cobai lapangani awali (Main Product Revision), 6) Uji coba lapangan utama (Main Filed Testing), 7) Revisii produki oprasionali (Oprational Product Revision). Hasil validitas produk E-Modul bahan ajar IPA sudah dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 95,26%, ahli bahan media memperoleh nilai sebesar 77,68% dan ahli integrasi memperoleh nilai sebesar 87,50% dengan kategori seluruh penilaian sangat valid digunakan. Selain itu, E-Modul IPA SMP/MTs berbasis socio-scientific issue terintegrasi nilai keIslaman dinyatakan sangat praktis untuk digunakan kepada peserta didik dalam pembelajaran, berdasarkan penilaian oleh praktisi dengan nilai sebesar 94,45. Berdasarkan respon peserta didik pada uji coba lapangan diperoleh nilai sebesar 87,86% dan dinyatakan sangat baik atau positif. Kata kunci: Bahan Ajar, E-Modul Socio-Scientific Issue, Integrasi Nilai Keislaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:35
Last Modified: 31 Mar 2023 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69439

Actions (login required)

View Item View Item