Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA CERPEN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 AIR EMAS KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN

HESTI NUR HIDAYAH, - (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA CERPEN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 AIR EMAS KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HESTI NUR HIDAYAH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hesti Nur Hidayah, (2023) : Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Cerpen Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Air Emas Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Pembelajaran tentang membaca pemahaman sudah dimulai pada kelas 3 dengan standar kompetensi dasar membaca intensif dan menceritakan kembali. Karya sastra berupa cerpen dapat diapresiasi ketika melakukan kegiatan seperti membaca dan memahami isi cerpen. Pada saat itulah siswa sudah mengapresiasi karya sastra dan memberikan pengaruh yang baik dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman pada cerpen kelas V SD Negeri 009 Air Emas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti menggunakan cerpen yang terdapat dalam buku siswa tema 1 organ gerak hewan dan manusia, dan tema 2 udara bersih bagi kesehatan. Data yang sudah terkumpul diolah dan dikelompokan sesuai indikator-indikator tertulis dalam bentuk tes. Pada cerpen Ade Rai binaragawan perkasa Indonesia, hasil rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa 66,29, pada cerpen penyandang cacat yang sukses, hasil rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa 69,70, pada cerpen gerabah, hasil rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa 73,41, pada cerpen kerja bakti, hasil rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa 78,05 dan pada cerpen tanggung jawab Ade, hasil rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa 81,23. Maka temuan penelitian adalah dengan menggunakan cerpen maka kemampuan membaca pemahaman pada siswa membaik. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan cerpen dalam upaya memperbaiki kemampuan membaca pemahaman siswa. Kata Kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman, Cerita Pendek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:38
Last Modified: 30 Mar 2023 04:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69436

Actions (login required)

View Item View Item