Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“Kontekstualisasi Hadis Metode Tanya Jawab Tentang Amal Yang Paling Utama”

ANDESTA ADANA, - (2023) “Kontekstualisasi Hadis Metode Tanya Jawab Tentang Amal Yang Paling Utama”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kontekstualisasi Hadis Metode Tanya Jawab Tentang Amal Yang Paling Utama”, Fenomena individu atau kelompok masyarakat dalam praktiknya, mempunyai kecendrungan perbedaan keadaan dan kondisi satu sama lainnya. Dalam beberapa hadis, Nabi SAW pernah ditanya oleh para sahabatnya dengan pertanyaan yang sama atau hampir mirip dan Nabi SAW menjawabnya tidak seragam. Adapun penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontekstualisasi hadis metode tanya jawab tentang amalan yang paling utama serta bagaimana status dan pemahaman hadis tersebut. Rumusan masalah yang dipaparkan dalam skripsi ini adalah bagaimana status dan pemahaman hadis dan bagaimana kontekstualisasi metode tanya jawab dengan jawaban yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode tematik dengan jenis penelitian library research, yaitu penelitian yang menitikberatkan pada literatur-literatur yang terkait dengan objek penelitian, baik dari data primer maupun data sekunder. Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah Nabi sering memberikan jawaban yang berbeda-beda kepada orang yang bertanya. Para ulama mengatakan bahwa hal itu disebabkan perbedaan kondisi para penanya. Maka Nabi menjawab sesuai dengan apa yang mereka butuhkan atau apa yang mereka senangi, atau apa yang sesuai dengan keadaan mereka. Atau juga perbedaan itu karena perbedaan waktu, di mana perbuatan tertentu pada suatu saat lebih utama daripada perbuatan yang lain. Kata Kunci: Kontekstualisasi, Hadis, Metode tanya jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.12516 Studi Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:47
Last Modified: 29 Mar 2023 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69423

Actions (login required)

View Item View Item