Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN DESAIN DAN MODUL KURIKULUM PRAKTIKUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM DI KOTA PEKANBARU

EDISON, - (2023) PENGEMBANGAN DESAIN DAN MODUL KURIKULUM PRAKTIKUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM DI KOTA PEKANBARU. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
EDISON_File Lengkap Disertasi Sampai Lampiran kecuali Hasil Penelitian.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
EDISON_File Disertasi Hasil Penelitian saja.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Pengembangan pembelajaran PAI ke dalam bentuk praktikum sangat dibutuhkan dalam rangka memenuhi capaian psikomotorik berbasis pemahaman kognitif dan penguasaan afektif pada peserta kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Umum (PTU). Penelitian ini mendesain kurikulum mata kuliah Praktikum PAI di PTU yang meliputi tujuan pembelajaran, isi materi atau bahan kajian, metode pembelajaran yang diterapkan serta teknik evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) Model Sugiyono Tahap 1 yang dikembangkan. Penelitian ini menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah praktikum PAI tervalidasi untuk PTU, menyusun modul praktikum PAI tervalidasi untuk PTU. Penelitian ini juga menguji efisiensi (kepraktisan) penggunaan modul raktikum PAI di PTU. Penelitian ini kemudian juga menganalisis efektifitas pelaksanaan mata kuliah praktikum PAI dalam meningkatkan keterampilan keagamaan Islam pada mahasiswa. Pada tahap akhir, penelitian ini menyelidiki apakah terdapat perbedaan penguasaan keterampilan keislaman antara kelas Saintek dan kelas Soshum. Setelah melakukan analisis terhadap kebutuhan dimensi keterampilan keislaman yang harus dikuasai mahasiswa pada dua PTU yang menjadi situs, penelitian ini kemudian merancang kurikulum praktikum PAI dan mengembangkannya produk berupa RPS dan modul praktikum PAI. Bahan ajar modul praktikum PAI selanjutnya melalui tahapan uji pakar pada tahap validasi awal yang menuntut revisi untuk kemudian divalidasi pada tahap akhir sebelum diujicobakan dalam kelas perkuliahan PAI yang disempurnakan dengan pelaksanaan ujian Post Test praktikum PAI. Berdasarkan hasil FGD awal dan FGD akhir, validator penelitian ini menyimpulkan bahwa RPS mata kuliah praktikum PAI sangat layak digunakan untuk pembelajaran PAI di PTU. Demikian pula, semua validator penelitian dalam aspek isi, penyajian, bahasa dan kegrafikan menyimpulkan bahwa modul praktikum PAI sangat layak digunakan untuk pembelajaran PAI di PTU. Empat orang praktisi dan 63-64% pengguna menyimpulkan bahwa penggunaan modul praktikum PAI dalam perkuliahan terbukti sangat efisien. Hasil penelitian membuktikan bahwa kegiatan praktikum yang diwakili oleh 5 kegiatan yang diujicobakan terbukti efektif meningkatkan penguasaan keterampilan keislaman yang didukung capaian kognitif dan afektif pada kisaran korelasi 0,700-0,900 yang menunjukkan pengaruh kuat atau tinggi dan sangat kuat atau sangat tinggi pada kisaran korelasi 0,900-1,000. Sementara itu, hasil penyelidikan dengan menggunakan uji komparasi Independent Sample t-Test terhadap nilai post test menggambarkan bahwa tidak terdapat perbedaan penguasaan keterampilan keislaman yang signifikan pada mahasiswa Saintek dan Soshum. Penelitian ini merekomendasikan penyusunan bobot perkuliahan PAI di PTU dipartisi menjadi SKS teori dan SKS untuk kuliah praktikum tanpa perlu menambah jumlah SKS perkuliahan PAI di PTU.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:13
Last Modified: 29 Mar 2023 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69422

Actions (login required)

View Item View Item