Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGAMALAN SANTRI KELAS 2 MTs PONDOK PESANTREN MODERN I’AANATUTH THALIBIIN TERHADAP HAFALAN HADIS AL-ARBA’IN AL-NAWAWI (Kajian Living Hadis)

M. Arif, Arif (2022) PENGAMALAN SANTRI KELAS 2 MTs PONDOK PESANTREN MODERN I’AANATUTH THALIBIIN TERHADAP HAFALAN HADIS AL-ARBA’IN AL-NAWAWI (Kajian Living Hadis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)

Abstract

Pengamalan terhadap hadis merupakan suatu persoalan yang sangat penting dan perlu diberi perhatian secara serius. Persoalan ini terkadang menjadi semakin kompleks disebabkan banyak aspek yang terkait dengan keberadaan hadis itu sendiri. Kedudukan Hadis Arba’in Al-Nawawi sangat penting karena mencakup sebagaian besar urusan dan kebutuhan umat Islam di dunia dan di akhirat baik dari aqidah, hukum, syariah, muamalah dan akhlaq. Kitab Hadis Arba’in merupakan kumpulan hadis-hadis Nabi pilihan, dan merupakan jawami’ul kalim yang memiliki keutamaan dalam pembahasan yang singkat dan padat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran hadis Arba’in al-Nawawi di Pondok Pesantren Modern I’aanatuth Thalibiin dan bagaimana pengamalan santri kelas 2 MTs Pondok Pesantren Modern I’aanatuth Thalibiin terhadap hafalan Hadis Arbai’n al-Nawawi. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan hadis yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu hadis Arba’in ke 1, 2, 3, 13, dan 18. Dalam hal ini informan terdiri dari guru pengampu pelajaran Hadis Arba’in Al-Nawawi dan santri kelas 2 MTs Pondok Pesantren Modern I’aanatuth Thalibiin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengamalan, Santri, Pondok Pesantren, Hadis Arba’in Al-Nawawi
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.12516 Studi Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 29 Mar 2023 08:00
Last Modified: 29 Mar 2023 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69420

Actions (login required)

View Item View Item