Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH AJARAN TAREKAT TAREKATULLAH DI DESA PULAU LAWAS BANGKINANG TERHADAP AKHLAK DAN IBADAH JAMAAHNYA

SRI FATMA, - (2023) PENGARUH AJARAN TAREKAT TAREKATULLAH DI DESA PULAU LAWAS BANGKINANG TERHADAP AKHLAK DAN IBADAH JAMAAHNYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang Ajaran Tarekat Tarekatullah terhadap akhlak dan ibadah jama‟ahnya di Desa Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pengaruh Tarekat Tarekatullah, dan juga berubahnya sikap atau prilaku jema‟ah tarekat setelah mengikuti ajaran Tarekat Tarekatullah, baik secara keagamaan maupun secara sosial. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan field research. Penelitian ini berlokasi di Desa Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah jama‟ah Tarekat Tarekatullah sebanyak 50 orang, pejabat desa, dan masyarakat sekitar lokasi penelitian, dan yang menjadi objeknya adalah pengaruh Tarekat Tarekatullah. Dalam pengumpulan data peneliti ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ajaran Tarekat Tarekatullah meliputi tentang jasad, hati, roh, dan Muhammad Rasulullah. Kegiatan ritual pengikut ini seperti salat, zikir, bai‟at, dan tawajjuh. Tarekatullah lebih mengutamakan pada pengalaman zikir di dalam rutinitas keagamaan sehari-hari. Sebab, zikir oleh mursyid yang diajarkan kepada para pengikutnya adalah suatu perkara yang dapat menyegarkan rohani dan jasmani bila dilakukan dengan khusyuk dan tawadhu serta mematuhi tatatertib dalam berzikir. Tarekat Tarekatullah mempengaruhi prilaku para pengikutnya, seperti keagamaan membuat para pengikutnya untuk selalu berusaha mendekatkan diri Kepada Allah setelah mengikuti tarekat Tarekatullah, dan secara sosial membuat tingkah laku pengikutnya selalu bertutur kata baik dalam bermasyarakat, dan ajaran Tarekat ini membuat para pengikutnya untuk selalu memiliki sifat Muraqabah, hati selalu tentram dan memiliki akhlak yang baik. Kata Kunci: Ajaran, Tarekat, Tarekatullah, Tawajjuh, dan Zikir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:14
Last Modified: 27 Mar 2023 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69386

Actions (login required)

View Item View Item