Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN FEAR OF MISSING OUT TERHADAP ADIKSI MEDIA SOSIAL (Studi Pada Dewasa Awal Di Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru)

GIARTI TRI UTARI, - (2023) HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN FEAR OF MISSING OUT TERHADAP ADIKSI MEDIA SOSIAL (Studi Pada Dewasa Awal Di Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GIARTI TRI UTARI.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN FEAR OF MISSING OUT TERHADAP ADIKSI MEDIA SOSIAL (Studi Pada Dewasa Awal Di Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru) Oleh : Giarti Tri Utari giartitriutari@gmail.com Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Media sosial merupakan ruang publik maya yang memiliki beberapa potensi untuk didayagunakan secara positif, namun terdapat beberapa dampak negatif dari penggunaan media sosial, salah satunya adalah adiksi media sosial. Rendahnya kontrol diri dan tingginya fear of missing out membuat seseorang terindikasi mengalami adiksi media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan kontrol diri dan FOMO terhadap adiksi media sosial. Subjek dalam penelitian ini adalah dewasa awal di kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru sebanyak 218 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik proposional random sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala kontrol diri, FOMO dan adiksi media sosial. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kontrol diri dan FOMO terhadap adiksi media sosial dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0.05) dengan nilai subangsih sebesar 86,7%, ini berarti mampu atau tidaknya dewasa awal dalam mengontrol diri dan tinggi atau rendahnya tingkat FOMO pada dewasa awal berkaitan dengan tingkat adiksi media sosial mereka. Pada penelitian ini juga menemukan adanya hubungan negatif antara kontrol diri dengan adiksi media sosial dengan koefisien korelasi sebesar (-0,619) dan terdapat hubungan positif antara FOMO dengan adiksi media sosial dengan nilai koefisien korelasi sebesar (2,394). Kata Kunci : kontrol diri, fear of missing out, adiksi media sosial, dewasa awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 24 Mar 2023 07:25
Last Modified: 24 Mar 2023 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69372

Actions (login required)

View Item View Item