Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR BABUSSALAM PEKANBARU

Maiyuliani, Yuli (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran think pair share kelas V di Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 17 siswa kelas V Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran think pair share dan keterampilan komunikasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata keterampilan komunikasi siswa hanya mencapai angka 55,88 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran padsa siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 63,79 dengan kategori kurang. Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan komunikasi siswa meningkat signifikan menjadi 80,33 dengan kategori cukup baik. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V di Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Keterampilan Komunikasi.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Mar 2023 08:00
Last Modified: 21 Mar 2023 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69362

Actions (login required)

View Item View Item