Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS QIRAAT MANUSKRIP MUSHAF AL-QUR’AN KOLEKSI MUSEUM SANG NILA UTAMA PROVINSI RIAU

NAUFAL AKRAM, - (2023) ANALISIS QIRAAT MANUSKRIP MUSHAF AL-QUR’AN KOLEKSI MUSEUM SANG NILA UTAMA PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Provinsi Riau merupakan salah satu daerah yang memiliki kekayaan manuskrip mushaf al-Qur’an di Nusantara. Salah satu tempat penyimpanan manuskrip mushaf al-Qur’an tersebut berada di Pekanbaru yang menjadi koleksi Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau. Penelitian ini membahas tentang deskripsi manuskrip mushaf al-Qur’an koleksi Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau dan ragam qiraat yang digunakan dalam manuskrip tersebut. Penelitian jenis field research ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kodikologi, tekstologi, dan ilmu qiraat. Data penelitian didapatkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut dikumpulkan dan diverifikasi, kemudian direduksi dan dideskripsikan secara rinci serta ditarik kesimpulan secara deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, manuskrip RI 6 dengan nomor inventaris 07.15.2017 koleksi Museum Sang Nila Utama Provinsi Riau ini disalin oleh Ibrahim al-Amin pada tahun 1730 M/1143 H. Manuskrip disalin menggunakan kertas Eropa dengan watermark berbentuk motif tiga bulan sabit berderet atau three crescent moons. Iluminasi dapat ditemukan pada akhir naskah, tepatnya pada surah al-Falaq dan al-Nas. Selain itu, terdapat rubrikasi pada setiap awal surah, awal juz, garis pingir, dan pias. Pada pias juga terdapat keterangan penggunaan qiraat lain. Kedua, manuskrip mushaf al-Qur’an ini menggunakan qiraat Nafi’ riwayat Qalun. Hal ini berdasarkan perbandingan sejumlah lafaz yang memuat perbedaan qiraat pada juz 30. Qiraat Nafi’ riwayat Qalun merupakan qiraat yang banyak digunakan para penyalin manuskrip mushaf al-Qur’an di Indonesia setelah qiraat Ashim riwayat Hafsh. Kata Kunci: Manuskrip mushaf al-Qur’an, Museum Sang Nila Utama, Qiraat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 21 Mar 2023 07:30
Last Modified: 21 Mar 2023 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69348

Actions (login required)

View Item View Item