Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SANTRI DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI RIAU

Yunika Harianti, Yunika (2023) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SANTRI DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI RIAU. Skripsi thesis, Unversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan konseling kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal pada santri di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Teknologi Riau. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Teknologi Riau di Jl. Pasir Putih. Pemilihan lokasi ini didasari alasan bahwa permasalahan- permasalahan yang diteliti ada di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Teknologi Riau ini. Subjek pada penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Teknologi Riau sedangkan objeknya adalah pelaksanaan konseling kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal pada santri Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Berkaitan dengan penjelasan masalah yang disampaikan oleh konselor atau guru BK, guru BK mengidentifikasi permasalahan siswa namun siswa tidak tidak mengutarakan masalah yang dihadapi berkaitan dengan materi diskusi, sambil mengungkapkan pikiran dan perasaan secara bebas. 2) Tidak semua siswa juga berani menceritakan permasalahan pribadinya sehingga didengar oleh seluruh siswa. Biasanya yang masalah pribadi itu kalau siswa berbicara empat mata dengan konselor secara pribadi. 3) Penggalian latar belakang masalah oleh konselor atau guru BK dengan cara menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dan setelah itu agar masalah bisa lebih jelas, kadang siswa lain menanyakan dan meminta penjelasan lebih lanjut kepada siswa yang mengungkapkan masalah. 4) Berkaitan dengan penyelesaian masalah oleh konselor atau guru BK di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Teknologi Riau diketahui bahwa dari keterangan yang diperoleh, guru BK melaksanakan konseling untuk mengatasi permasalahan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, komunikasi interpersonal.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:40
Last Modified: 20 Mar 2023 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69327

Actions (login required)

View Item View Item