Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROFESIONALISME JURNALIS PEREMPUAN DALAM PEMBERITAAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN (STUDI FENOMENOLOGI PADA JURNALIS PEREMPUAN DI KOTA PEKANBARU)

DESI IRAWATI, - (2023) PROFESIONALISME JURNALIS PEREMPUAN DALAM PEMBERITAAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN (STUDI FENOMENOLOGI PADA JURNALIS PEREMPUAN DI KOTA PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESI IRAWATI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Desi Irawati Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Profesionalisme Jurnalis Perempuan Dalam Pemberitaan Kekerasan Terhadap Perempuan (Studi Fenomenologi Pada Jurnalis Perempuan Di Kota Pekanbaru) Jurnalis Profesional adalah jurnalis yang melaksanakan tugasnya sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. Dengan segala tantangan dan problematika yang terjadi selama peliputan dilapangan menjadikan seorang jurnalis perempuan, harus Profesional dan memiliki pribadi yang berani serta sigap dalam melakasanakan pekerjaannya baik di dalam ruang redaksi ataupun diluar lapangan untuk menghadapi tantangan kerja yang bisa datang kapan saja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fenomenologi Alfred Schutz. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui bagaimana jurnalis perempuan mengonstruksikan diri sebagai jurnalis professional dalam pemberitaan kekerasan terhadap perempuan di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penlitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 7 (tujuh) orang. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme, tanggung jawab pekerjaan, dan komitmen tetap dikedepankan oleh jurnalis perempuan ketika meliput pemberitaan kekerasan terhadap perempuan. Dari segi penulisan tidak ada perbedaan antara jurnalis laki-laki dan perempuan karena menerapkan jurnalisme perspektif gender. Pengalaman jurnalis meliput berita kriminal menjelaskan bagaimana mereka turut merasakan kesedihan para korban, namun hal itu tidak mempengaruhi psikologi mereka sebagai jurnalis. Kode etik, kesadaran etika, hukum, keahlian, pengetahuan, dan kompetensi merupakan beberapa hal yang menjadi acuan jurnalis dalam melakukan peliputan serta penulisan berita. Kata Kunci : Profesionalisme, Jurnalis Perempuan, Berita Kriminal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:46
Last Modified: 16 Mar 2023 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69290

Actions (login required)

View Item View Item