NOVIKA DWI ANJANI, - (2023) ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI NOVIKA DWI ANJANI.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Novika Dwi Anjani (2023) : Analisis Kesalahan Fonologi dalam Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Qur’an Kampar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menjaga dan mempelajari cara pengucapan huruf arab, khususnya bagi pembelajar pemula dalam mempelajari bahasa arab, agar tidak terjadi kesalahan yang berlanjut sehingga tidak menghambat proses pembelajaran. Dan jika kesalahan itu terjadi pada cara pengucapan bunyi hurufnya, maka pasti ada perbedaan makna, kesalahpahaman, atau kesalahan arti. Masalah dalam penelitian ini adalah kesalahan fonologis apa yang sering terjadi dan apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas tujuh di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan dalam membaca teks bahasa Arab dalam aspek fonologis (aspek fonetik/makhraj). Dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas tujuh di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Qur'an. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Qur'an Kampar. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan fonologis yang sering terjadi pada saat kegiatan membaca teks bahasa Arab adalah kesalahan bunyi ditinjau dari faktor pengucapan. Diantaranya: Perubahan bunyi termasuk huruf /ش/ menjadi /س/, /ث/ menjadi /س/, /ض/ menjadi /د/, /ح/ menjadi /ھ/,/ع/ menjadi /ء/, /ص/ menjadi/س/ , /خ/ menjadi /ھ /, /ط/ menjadi /ت/, /ذ/ menjadi /ز/, dan huruf /ق/ menjadi /ك/. Berdasarkan jumlah siswa yang paling banyak melakukan kesalahan pada pengucapan huruf berjumlah 25 dari 50 siswa yaitu terdapat pada pelafalan bunyi huruf (ث). Adapun penyebab kesalahan atau kesulitan siswa dalam makhraj yang ada, adalah berikut ini: (1) Kurangnya pemahaman siswa. (2) Kegiatan pembelajaran kurang didukung. (3) Pengaruh bahasa ibu atau bahasa pertama siswa. (4) Terdapat perbedaan pengucapan huruf bahasa Arab dan Indonesia. (5) Terlalu banyak huruf yang terdengar mirip. (6) Tidak terbiasa mengucapkan huruf. (7) Kurangnya latihan membaca dengan benar. (8) Kurangnya semangat dan motivasi siswa. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, Fonologi, Membaca
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 04:54 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 04:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69289 |
Actions (login required)
View Item |